Rabu, November 05, 2008

pilih batik atau tenun ikat.????

hei guys , what`s up with tenun ikat ?....
Youngster , are u pernah bertanya dalam hati, atau sekedar iseng mikirin, apa ada yang salah dengan rasa cinta pada kebudayaan lokal, just like traditional dance, local music, atau tenun ikat. Pernah nggak ?
Dengan tidak bermaksud untuk berpikiran picik atau rasis, gw cuman maw ingetin aja, kalo sebenarnya budaya kupang/NTT umumnya, juga bisa jadi keren kalo diterapin dalam our daylife, maw bukti? Check this one out.
Pertama ayo liat picture di bawah ini.





dan bandingkan dengan yang ini :



dari gambar diatas, ketahuan banget kalo younsters lebih milih batik ketimbang tenun ikat, paling banter cuman dijadiin selendang doang, nah dari hasil investigasi dengan bebrapa baticoholic yang kita temuin, alasannya macem macem, kesimpulannya , tenun ikat bahannya panas,berat dan tebal, nyarinya susah, harganya mahal, dan pilihan modelnya juga dikit. berbanding terbalik ama batik, yang harganya terjangkau, belinya bisa di mana mana, model up to date, plus bahannya ringan banget,hmmm masuk akal juga yah,,
pas ditanya kalo ada tenun ikat yang bahannya batik ( namanya bukan tenun ikat lagi ya, heheh ) maw pake nggak? jawabannya ,,ya,,mau,,,,,,,tapi emang ada ya? hehhehe malah balik nanya,

so the solution are,,,
sepertinya udah ad ayang harus memproduksi masal corak tenun ikat dlam bahan catton yang ringan, trus bikin sosialisasi di sekolahan, bayangin aja kalo 10 ribuan murid sekolah pada rame rame pake tenun batik ( heheh nama sendiri nih ) bakal banyak lapangan kerja dong, trus kita bisa gaya gayaan promosiin, bahkan jadi oleh2 buat temen temen,,,heheh deal ?

ga perlu malu lah,,,sempat gw liat di majalah hai,,ada artikel tentang tenun ikat lho,,,,ini dia nih..


Satu hal lagi,,, kita harus bangga ama gubernur dan pejabat kita, setidaknya mereka sudah berupaya buat mengenalkan tenun ikat, terbukti di setiap acara publik, tenun ikat menjadi pilihan kostum.
Seperti waktu menghadiri acara pameran di areal fatululi.

So . mulai sekarang, dari diri kita, lets do something funky with tenun ikat..

Salam

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger